Tutorial dasar bongkar pasang SystemUI dan framework-res.apk

November142013

Framework-res.apk dan SystemUI.apk merupakan aplikasi penting pada system android, di mana keduanya mempunyai pengaruh yang sangat vital pada perangkat android di samping aplikasi-aplikasi dan file-file lainnya.Di dalam kedua aplikasi ini tersimpan banyak pengaturan tentang perangkat android yang kita gunakan, seperti pengaturan warna text, background, icon battery, sinyal, status bar serta beberapa format file seperti xml,html, smali dan masih banyak yng lainnya.

Pada setiap jenis ponsel android letak file-file, icon-icon dan pengaturan tersebut akan berbeda-beda, ada yang di SystemUI dan ada yang di framework-res.apk.Bagi yang suka memodifikasi tampilan ponselnya, kedua aplikasi tersebut tidak akan pernah luput dari kegiatannya.

Bagaimanakah cara membongkar aplikasi tersebut untuk dapat kita edit? Sebelum kita melangkah ke tahap pembongkaran ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu di mana kedua aplikasi ini berada.Untuk SystemUI.apk berada padasystem / app. sedangkan untuk famework-res.apk berada disystem /framework.Yang paling di utamakan saat pembongkaran dan pengeditan pengguna harus bisa dan mengerti tentang backup dan restore, ini adalah langkah antisipasi apabila terjadi file error setelah aplikasi yang kita edit di pasang.

Untuk melakukan pembongkaran, kita harus mengambil aplikasi tersebut dari system android,bisa menggunakan aplikasi root explorer dan mengcopynya ke sdcard, selanjutnya buatlah backup terlebih dahulu dari aplikasi tersebut baru kita lakukan pengeditan.Dalam tahap pengeditan kita bisa menggunakan dua cara.Langsung dari ponsel dan menggunakan pc.Mari kita lihat secara singkat bagaimana pengeditan dari kedua cara ini.

1. Pengeditan langsung dari ponsel

Pengeditan dengan cara ini kita bisa menggunakan file manager atau apk editor.Umumnya file yang bisa kita edit hanya sebatas icon dan beberapa file saja, karena ada sebagian file yang bersifat hidden dan tidak bisa terbaca oleh file manager dan apk editor.Untuk memulai pengeditan, renamelah apk yang akan kita edit menjadi zip, selanjutnya buka atau ekstrak file zipnya dan silahkan di edit apa yang ingin kita edit.Setelah pengeditan selesai renamelah kembali file tersebut menjadi apk.(cacatan : pengeditan dengan cara seperti ini juga bisa di lakukan dengan menggunakan pc ).

2. Pengeditan menggunakan Pc / Laptop

Dengan melakukan pengeditan menggunakan pc ini, kita bisa melakukan pengeditan secara full.Banyak aplikasi yang telah di buat untuk edit apk lewat pc, di antaranya Apk tool, ToolAlite dan masih banyak yang lainnya.Pertama pindahkanlah file apk yang akan kita edit ke pc / laptop, bisa menggunakan kabel data, card reader atau yang lainnya.Buka tool yang kita gunakan dan decompile apk yang akan kita edit. Editlah apk yang telah di decompile tersebut dan ikutilah petunjuk pada tool tersebut.Setelah pengeditan selesai silahkahkan di compile kembali.Ambillah hasil dari apk yang telah kita edit dan pindahkan kembali ke sdcard.

Setelah pengeditan selesai, tahap selanjutnya adalah cara pemasangannya.Buka aplikasi root explorer, masuk ke sdcard dan cari SystemUI atau framework-res.apk yang telah kita edit lalu copy dan pastekan pada halaman awal root explorer.Ganti rw menjadi ro pada root explorer dan berikan permissionsrw-r-rpada aplikasi tersebut.Berikutnya move aplikasinya ke tempat awalnya dan pastekan menurut tempatnya masing-masing.Kalau ada peringatan tentang aplikasi yang sama telah terpasang, silahkan di timpa saja dengan menekan tombol ok / yes.Terakhir silahkan di reboot ponselnya dan lihat dari hasil editan yang kita buat.

Itulah tutorial dasar cara bongkar dan edit SystemUI serta framework-res.apk.Mungkin ini kurang lengkap, nanti kalau ada waktu dan kesempatan pada postingan berikutnya akan saya bahas satu persatu secara detail.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

23 responses to "Tutorial dasar bongkar pasang SystemUI dan framework-res.apk"

operator hecking indonesia on 06:23 AM, 14-Nov-13

terlalu sulit sob
gak ada HP android

Dyno on 08:51 AM, 14-Nov-13

Mantap Boss.. kalau bisa ulas satu persatu yg ada di framework res.apk dan systemui boss..

arizall on 08:53 AM, 14-Nov-13

@Dyno,
ok sob..kalo ada waktu akan saya coba bikin postnya..

Ariyan lLoverz 013 on 09:09 AM, 14-Nov-13

sob kalo boleh buat post cara membuat file backup framework.apk yg di instal via CWM..

arizall on 09:31 AM, 14-Nov-13

@Ariyan lLoverz 013,
Ok sob.. untuk beberapa jenis ponsel samsung biasanya pake aplikasi anti bootlop.. tapi kalo selain samsung saya kurang tau juga.. ntar saya coba cari dan praktekin dulu..

tarsidin on 11:38 AM, 14-Nov-13

berat banget nih materinya, kedepannya munklin bisa ngasih tutor buat calon-calon developer android

arizall on 12:19 PM, 14-Nov-13

@tarsidin,
hahahaa...klo dh smpe dstu dh gwat sob..

doni Leo saputra on 01:56 PM, 14-Nov-13

mantap gan tutornya. , . . ,

ZUL FITRA AZIKIN on 02:28 PM, 14-Nov-13

Seperti biasa sob..
Simbi nyimak ajah..

arizall on 03:27 PM, 14-Nov-13

@ZUL FITRA AZIKIN,
Ok sob..

Arif on 08:13 PM, 14-Nov-13

Ganas boss,,Teruslah berkarya dan slu dikenang.hehe.

arizall on 08:17 PM, 14-Nov-13

@Arif,
Ganas knpa sob.. hahaa..

Kyraz on 09:39 PM, 14-Nov-13

mantap sob

Taufik Adiluhur on 06:28 AM, 15-Nov-13

serba android. Gak mudeng aku

Jo daugust on 08:58 AM, 15-Nov-13

Keren brow

jokyo on 06:57 PM, 15-Nov-13

mantab gan..smile

Follow Me on 10:07 PM, 15-Nov-13

Manteb trik nya gan biggrin ane bookmark dulu



FOLLOW sukses, di FOLLBECK y gan biggrin

YANTO PLPK on 04:35 AM, 17-Nov-13

Lengkap tutor nya sob

fikoboyz on 10:13 AM, 18-Nov-13

kunjungn siang sob..lagi no andro nyimak aj y sob..

Putra Symbian on 01:28 AM, 19-Nov-13

.. Sori baru bisa berkunjung

Putra Symbian on 01:29 AM, 19-Nov-13

.. Sori baru bisa berkunjung

putrasihombing on 11:23 AM, 07-Jan-14

klo bisa sama screen shot sob biar lebih mudah

arizall on 08:52 PM, 07-Jan-14

@putrasihombing,
sudah ada sob di blog ini..

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

 
Back to top